MANFAAT BUAH SRIKAYA


Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan


Buah srikaya ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Di negara kita sendiri, buah srikaya sangatlah mudah untuk didapatkan. Buah yang mempunyai nama latin Annona squamosa ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.



Di Indonesia, buah srikaya memiliki nama yang cukup banyak. Ada yang menyebutnya dengan buah bintang, seraikaya, surikaya, serkaya, sarikaya, delima bintang, srikawis, sarkaja, serakaja, dan masih banyak lagi namanya. Namun yang pasti, buah yang menjadi ciri khas daerah tropis.

Ilustrasi buah srikaya via boldsky.com
Banyak sekali kandungan nutrisi penting yang tersimpan dalam buah srikaya ini. Beberapa nutrisinya meliputi karbohidrat, protein, lemak, kalsium, posfor, zat besi, magnesium, niasin, potasium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.  Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang tersimpan didalamnya, maka tidaklah mengherankan jika buah srikaya mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan. Berikut beberapa ulasannya.


1. Baik untuk bumil atau ibu hamil

Seseorang yang sedang menjalani masa kehamilan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah srikaya. Karena, buah srikaya bermanfaat untuk kesehatan otak, sistem kekebalan tubuh, dan juga sistem saraf. Selain itu, buah srikaya juga mampu menurunkan risiko keguguran.

2. Menambah berat badan

Jika Anda ingin berat badan meningkat dengan cara yang sehat, maka konsumsilah buah srikaya. Hal ini dikarenakan buah srikaya dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan tembaga dan kaya akan serat membuat buah ini dapat melancarkan buang air besar sekaligus menyehatkan sistem pencernaan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah srikaya mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

5. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah seseorang dapat dikendalikan dengan mengonsumsi buah srikaya secara rutin karens dalam buah Srikaya terkandung potasium dan magnesium yang akan membantu menjaga tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal.

6. Mengobati anemia

Buah srikaya juga mempunyai fungsi sebagai stimulan, haemantic, dan juga ekspektoran. Ketiga fungsi tersebut tentu bermanfaat untuk membantu mengobati anemia.

7. Mencegah arthritis

Didalam buah srikaya terdapat magnesium yang mampu menyeimbangkan kadar air didalam tubuh sehingga bermanfaat untuk menghilangkan rasa asam dari sendi yang merupakan penyebab timbulnya arthritis.

8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Buah srikaya juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan juga mulut. Terutama pada bagian kulit srikaya yang memang dapat membantu mengurangi sakit gigi dan gusi.

9. Untuk Kesehatan mata

Buah srikaya mengandung vitamin C dan riboflavin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk melindungi terjadinya kerusakan penglihatan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Menurunkan kolesterol

Salah satu hal yang dapat mengancam kesehatan jantung Anda adalah tinggi kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa dicoba dengan mengonsumsi buah srikaya. Kandungan serat dan niasin didalamnya bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sekian, semoga informasinya dapat bermanfaat.

0 Response to "MANFAAT BUAH SRIKAYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel