Khasiat Buah Pisang

Buah pisang merupakan buah yang cukup banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika berbagai kalangan menyukai buah yang satu ini karena beragam manfaat untuk kesehatn terdapat di dalam buah ini. Beberapa manfaat buah pisang yang akan kita bahas di artikel ini didapat dari banyaknya kandungan nilai gizi dari buah ini diantaranya vitamin A, B, C dan E beserta mineral seperti potasium, seng, besi dan magnesium.



Selain karena manfaat buah pisang yang melimpah, buah pisang juga populer karena buah ini bersifat multiguna artinya banyak berbagai jenis menu makanan menggunakan pisang sebagai bahan dasar utama ataupun menu pendamping makanan. Lalu apa saja manfaat buah pisang ini, berikut ini pembahasannya :


Manfaat Buah Pisang

1. Sebagai Sumber Energi Instan

Pernahkah anda memperhatikan atlet di olimpiade atau olahragawan lain ketika sedang jeda pertandingan mereka mengonsumsi pisang? ya, seorang atlet asupan makanannya pastilah tidak sembarangan, nutrisi dan kalori mereka selalu dikontrol agar penampilan di lapangan selalu prima. Pemilihan pisang sebagai panganan di interval pertandingan adalah sebuah pilihan cerdas karena buah pisang mengubah gula alami menjadi energi instan. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Konsumsilah minimal 2 buah pisang sehari agar mendapat tambahan asupan energi untuk mengarungi hari dengan lebih semangat.

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Terkontrol

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Kondisi tekanan darah yang selalu terkontrol dengan baik akan membuat kita terhindar dari bahaya penyakit stroke dan timbulnya gejala sakit jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Saraf dan Daya Otak

Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulan pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

4. Menyehatkan Tulang

Mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi.

5. Membantu Memperlancar Proses Pencernaan

Di dalam sebuah pisang terdapat serat yang baik untuk tubuh. Mencampur pisang dengan segelas susu misalnya akan membantu mengurangi resiko penyakit usus yang berbahaya seperti gejala kanker usus besar. Vitamin C pada buah pisang berguna untuk menahan inflamasi. Baca juga sumber vitamin C lainnya.

6. Membantu Mengobati Sakit Maag

Khasiat buah pisang yang lain adalah buah ini memiliki kandungan zat penangkal asam dalam lambung sehingga dapat meredakan maag. Zat yang dikenal sebagai protease inhibitor ini berfungsi membantu menyingkirkan bakteri di lambung yang menghasilkan sakit maag.

7. Mengobati Diare

Saus apel dan pisang merupakan jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk penderita diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar ketika diare dan efeknya membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah. Pisang mentah bersifat astringent dan efektif dalam mengobati diare. Zat ini berfungsi untuk mengentalkan dan memadatkan feses sehingga tubuh tidak kehilangan banyak cairan.

8. Membantu Mengobati Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana ketika seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Untungnya kita bisa mengambil manfaat buah pisang sebagai obat alami nan murah meriah untuk mengobati sembelit. Buah ini akan membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengonsumsi pisang, maka kita dapat menghindari mengerasnya feses. Agar tuntas mengatasi masalah ini, simak: Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman

9. Membantu Mengatasi Anemia

Ada juga khasiat buah pisang lainnya yang tak disangka-sangka yaitu dapat mencegah sekaligus membantu mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan, buah pisang mengandung Fe (zat besi). Zat besi sendiri merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi 2 buah pisang perhari dapat meningkatkan produksi darah merah yang akan menghindarkan kita dari penyakit kurang darah (anemia).

10. Mencegah Penyakit Jantung

Jadikanlah pisang sebagai menu sarapan anda setiap hari, maka dijamin anda tidak akan menyesal. Pisang mengandung nutrisi yang mendukung fungsi jantung. Belum lagi karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. pada buah pisang terdapat kalium yang baik untuk jantung. Ditambah lagi kandungan serat pektin yang berguna dalam membantu menurunkan kolesterol dan resiko terkena penyakit jantung akan semakin menipis.



Demikian beberapa ulasan tentang manfaat buah delima, semoga informasinya dapat menambah pengalaman dalam menjalani pola hidup sehat.

0 Response to "Khasiat Buah Pisang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel