Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan


Ciplukan memiliki nama latin Physialis angulata. Nama ciplukan diberbagai daerah pun berbeda – beda. Misalnya saja, untuk daerah Bali buah, dikenal dengan nama keceplokan. Di Pulau Sumatra tanaman ini disebut sebagai buah lado –lado dan buah kapo- kapo. Tanaman ciplukan ini sendiri memiliki buah yang sangat manis  jika sudah matang. Hampir semua bagian tubuhnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, mulai dari akar hingga daun ciplukan.

Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan


Ada banyak sekali manfaat dari daun ceplukan ini untuk kesehatan, nah berikut beberapa diantaranya:

1. Obat Penyakit Asma

Untuk mengobati penyakit asma, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan daun ciplukan. Anda hanya perlu mencuci daun ciplukan dan direbus dengan 2 gelas air. Sisakan 1 buah gelas dan kemudian minum air rebusan tersebut. Pengobatan ini bisa Anda lakukan rutin setiap hari sampai asma benar-benar sembuh.

2. Penurun Demam Tinggi

Jika Anda atau pun keluarga Anda sering terkena demam, maka Anda bisa memanfaatkan daun ciplukan ini untuk meredakan demamnya. Caranya juga mudah, Anda hanya tinggal merebus daun ciplukan dan meminum airnya secara rutin hingga demamnya turun.

3. Obat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memang membuat penderitanya tersiksa, karena untuk berbicara saja terasa susah dan sakit. Selain itu, radang tenggorokan bila dibiarkan akan memicu serangan flu dan batuk. Untuk mencegahnya Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun ciplukan secara rutin sampai radang benar-benar sembuh.

4. Obat Alami Untuk Bisul

Bagi Anda yang sering bisulan dan sulit mengobatinya, maka Anda bisa memakai daun ciplukan. Daun ciplukan dipercaya mengandung zat anti flamasi sehingga diyakini ampuh mengobati bisulan.

5. Obat Epilepsi

Bagi Anda yang memiliki saudara yang sering kejang- kejang secara tiba – tiba atau epilepsi maka disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun ciplukan secara teratur.

Obat Hipertensi
Hipertensi atau gangguan tekanan darah tinggi sangat berbahaya jika dibiarkan, karena bisa berakibat cukup fatal. Nah, untuk itu Anda bisa mengkonsumsi rebusan  daun ciplukan secara teratur agar tekanan darah Anda stabil.

6. Obat Gondongan

Pernah mengalami gondongan? Tentunya sangat menyiksa bukan? Untuk menyembuhkannya Anda cukup meminum rabusan daun ciplukan setiap hari hingga gondongan menghilang.

7. Menambah Kecerdasan

Siapa yang tidak ingin memiliki anak cerdas/pandai? Untuk memaksimalkan kinerja otak, Anda bisa membuat minuman dari daun ciplukan yang ditambah dengan perasan jeruk nipis, gula, dan sedikit air untuk di minum setiap hari.

8. Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara tentunya sangat berbahaya dan menakutkan bagi seluruh wanita, karena potensi untuk terkena sangat besar. Untuk mengobatinya maka Anda bisa mengambil daun ciplukan, beras, serta tunas kunyit. Lalu setelah dibersihkan, haluskan berbagai bahan tersebut, kemudian ditempelkan pada bagian payudara selama 25-30 menit.

9. Obat Penghilang Kuningan Pada Bayi

Daun ciplukan juga bermanfaat untuk menghilangkan penyakit kuning. Caranya cukup sederhana, jemur daun ciplukan di bawah sinar matahari sampai kering. Lalu gunakan daun kering tersebut untuk memandikan bayi Anda setiap hari, hingga keluhan kuningan yang diderita bayi menghilang.

Sekian informasi tentang Manfaat daun Ciplukan. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

0 Response to "Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel