MANFAAT BUAH PINANG

Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan


Pinang merupakan salah satu jenis palma yang banyak tumbuh di daerah Asia. Bagian biji pinang sering digunakan sebagai penghasil zat warna merah, juga sebagai salah satu bahan campuran untuk menyirih. Disamping hal tersebut, buah pinang ini menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan.



Ulasan Buah pinang yang bersumber dari fightforbotanicals.com, Pinang memiliki banyak sebutan nama daerah, misalnya saja pining (Batak Toba), pineung (Aceh), dan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama betel nut tree atau betel palm. Secara tradisional, biji pinang sering digunakan sebagai ramuan untuk mengobati kudis, disentri, dan diare berdarah. Namun tidak hanya itu saja, karena buah pinang muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain :

MANFAAT BUAH PINANG

1. Mengobati Luka

Buah pinang diyakini dapat digunakan untuk mengobati luka. Hal ini karena buah pinang mengandung suatu senyawa yang bersifat astringent dan hemostatik yang dapat membantu menghentikan jalannya pendarahan yang  terdapat pada bagian luka.

Caranya yaitu dengan menggunakan biji pinang muda, langkah-langkahnya dengan menumbuk biji pinang hingga halus kemudian oleskan pada bagian yang luka. Lakukan secara rutin ( 2 kali/hr) pagi dan sore hari untuk mempercepat proses penyembuhan luka.


2. Mengobati Disentri

Buah pinang yang masih muda juga bisa digunakan sebagai pengobatan disentri. Anda dapat membuat ramuannya dengan cara merendam pinang yang telah dibersihkan dalam segelas air selama beberapa jam. Kemudian minumlah air rendaman ini.


3. Menjaga Kesehatan Gigi dan
    Gusi

Penggunaan buah pinang telah digunakan secara turun temurun, terutama oleh masyarakat tradisional, sehingga tak mengherankan jika mereka memiliki gigi yang kuat dan sehat.


4. Sebagai Pengobatan Untuk
    Mata Rabun

Buah pinang juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit rabun mata. Untuk penggunaannya, ambillah biji buah pinang muda sebanyak 1 biji, lalu kunyah dan telan airnya saja. Cara tersebut dipercaya sangat efektif dalam mengobati mata rabun.

5. Mencegah Pendarahan
    Berlebih

Buah pinang muda dapat Anda gunakan sebagai pengobatan dalam mengatasi pendarahan berlebih yang biasa terjadi saat mimisan dan juga diare. Untuk penggunaannya, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sekian informasi mengenai khasiat buah pinang semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi anda yang mencari info tentang khasiat buah pinang.

0 Response to "MANFAAT BUAH PINANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel