Buah Delima dan Manfaatnya

Buah Delima merupakan salah satu buah yang paling sehat yang ada di bumi. Buah delima merah mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat, serta tak tertandingi dibandingkan oleh makanan lainnya. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa buah delima memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh anda, dan dapat menurunkan risiko segala macam penyakit.



Manfaat buah delima bagi kesehatan yang luar biasa dapat dinikmati dengan mengkonsumsi buah ini dalam beberapa cara. Anda dapat membuatnya sebagai jus delima, sirup, dll. Bagaimanapun olahannya, delima telah menjadi buah buahan yang memiliki beragam manfaat sejak jaman kuno. Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat buah delima untuk kesehatan.


1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Delima sarat dengan polifenol yang memiliki antioksidan kuat. Antioksidan dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dari dinding arteri, sehingga mencegah penyakit jantung. Antioksidan juga dapat mencegah oksidasi kolesterol, yang menyebabkan pembentukan plak dan perkembangan penyakit arteri koroner.

2. MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Asam Punicic adalah salah satu unsur utama dari buah delima yang dapat membantu menurunkan kolesterol, trigliserida dan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa komponen delima dapat mengurangi faktor risiko untuk penyakit jantung.

3. DAPAT MEMBANTU MENCEGAH KANKER

Dari kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker kulit, buah delima dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker. Properti dari buah lezat ini juga dikaitkan dengan kehadiran antioksidan polifenol di dalamnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jus buah delima dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan menginduksi kematian alami di dalamnya. Senyawa tertentu dalam buah delima memiliki kemampuan anti-inflamasi yang juga memberikan kontribusi untuk properti anti-kanker-nya.

4. KESEHATAN PENCERNAAN

Untuk menjaga sistem pencernaan anda tetap sehat, anda perlu menyertakan sumber yang kaya serat dalam diet atau pola makan anda. Makan buah delima setiap hari merupakan cara yang baik untuk menambahkan serat kedalam kebutuhan harian Anda. Satu buah delima dapat memenuhi sekitar 45% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yaitu sekitar 20 sampai 35g.

5. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Kaya akan senyawa anti-inflamasi, buah delima sangat menyehatkan bagi mereka yang menderita gangguan yang berkaitan dengan kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteroarthrits. Delima juga kaya akan vitamin C, yang meningkatkan produksi antibodi dan perkembangan imunitas. Delima dapat membantu anda mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah terhadap penyakit umum dan infeksi.

6. MENCEGAH PENUAAN DINI

Senyawa polifenol yang terkandung dalam buah delima merupakan antioksidan kuat yang dapat menunda proses penuaan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumi buah delima dapat menjaga kulit mulus anda dan bercahaya untuk waktu yang lama.

7. MENURUNKAN TINGKAT STRES

Buah delima juga dapat membantu menurunkan stres psikologis yang dapat mempengaruhi kehidupan pribadi dan pekerjaan anda. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University, orang yang minum jus buah delima memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah.

8. KESEHATAN MULUT DAN GIGI

Jus delima dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan mulut anda lebih baik daripada menggunakan pencuci mulut yang mengandung alkohol. Senyawa tertentu dalam buah delima menunjukkan efek antiplak yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak hydroalcoholik dari delima, efektif dalam menurunkan pembentukan plak gigi yang disebabkan karena mikroorganisme hampir 84%.

9. MENINGKATKAN KESEHATAN TULANG

Dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap tulang dan dapat mencegah osteoarthritis. Semakin bertambahnya usia, kepadatan tulang kita akan semakin berkurang. Sehingga untuk mengurangi risiko ini, dengan mengkonsumsi buah delima dapat meningkatkan kesehatan tulang anda.

 EFEK SAMPING MENGKONSUMSI BUAH DELIMA

1. Enzim yang hadir dalam buah delima dapat menghambat fungsi enzim tertentu yang ada di dalam hati. Jika Anda sedang menjalani pengobatan terkait gangguan hati, konsultasikan dengan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah atau jus delima.


2. Jika Anda sedang dalam masa-masa berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi buah delima. Buah delima mengandung kalori yang juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Mengkonsumsi buah delima secara berlebihan dapat menyebabkan banyak gangguan, seperti mual, muntah, sakit perut dan diare. Disamping itu, tidak menutup kemungkinan bahwa buah delima juga dapat menyebabkan alergi apabila anda mudah sensitif terhadap makanan.

Demikian beberapa ulasan tentang manfaat buah delima, semoga informasinya dapat menambah pengalaman dalam menjalani pola hidup sehat.

0 Response to "Buah Delima dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel