Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan


Buah kersen memiliki sejumlah nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin A dan C, karbohidrat, zat fosfor, lemak, zat besi, niacin, betakaroten, tianin, dan riboflavin.

Namun tahukah anda, bahwa bukan hanya buahnya saja yang kaya akan nutrisi. Daun Kersen juga memilki manfaat untuk kesehatan tubuh manuasia. Daun kersen memiliki efek farmakologis sebagai anti tumor, disebabkan adanya senyawa flavonioda, saponin dan tannin di dalamnya. Daun ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Berikut beberapa manfaat daun kersen untuk kesehatan :

1. Khasiat daun kersen untuk diabetes

Daun kersen atau daun talok ini diyakini bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Hal itu karena daun ini mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormone insulin yang bekerja untuk metabolisme gula. Anda bisa membuat ramuan dengan cara mengambil 100 gram daun kersen, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan satu liter air dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

2. Anti kolesterol

Daun kersen pun ternyata bisa mengantisipasi kamu untuk terkena kolesterol. Untuk mencegah atau mengobati kolesterol, kamu bisa membuat ramuan dengan cara merebus segenggam daun kersen yang segar dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu minum secara teratur tiga kali sehari. Dengan rajin mengkonsumsi daun kersen ini akan berkhasiat mengontrol kadar kolesterolmu berada di batas normal. Memang dauh buah kersen ini akan sedikit berasa pahit saat diminum tetapi khasiat yang akan kamu dapatkan akan sangat bermanfaat untukmu.

3. Antiseptik

Daun kersen juga bermanfaat sebagai antiseptik karena buah ini mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid sehingga dapat membunuh mikroba bakteri, antara lain K.Rhizophil, C.Diptheriae, P.Vulgaris, S.Aureus, dan S.Epidemidis. Bagi kamu yang ingin menggunakan antispetik herbal yang alami, mungkin daun kersen ini bisa jadi salah satu pilhannya. Sifatnya yang mampu membersihkan akan sangat bermanfaat bagi kamu untuk pengobatan luka guna mencegah luka dari infeksi.

4. Manfaat Daun Kersen untuk Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang sering dijumpai pada orang lanjut usia tetap. Namu saat ini tidak hanya orang lanjut usia dewasa bahkan remaja banyak yang menderita asam urat. Kita harus bisa menjaga tubuh kita agar tidak terjangkit penyakit yang kerap kali menghantui tubuh ini. Cara mengobatinya adalah dengan minum teh daun kersen. Jika nyeri kamu sudah berkurang atau bahkan hilang, hentikan konsumsi teh daun kersen.

5. Manfaat Daun Kersen untuk Hipertensi

Penyakit hipertensi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal termasuk pola makan dan pikiran. Konsumsi makanan yang sehat sangat dituntut supaya tensi darah tidak tinggi. Mengatur pikiran juga merupakan salah satu hal yang harus dilakukan agar tidak stres. Dengan konsumsi teh daun kersen dapat mengatur aliran darah sehingga dapat mengurangi darah tinggi. Bagi kamu yang memiliki gangguan hipertensi bisa mengkonsumsi ramuan daun kersen disertai dengan menjaga pola hidup sehat sehingga kesehatanmu akan selalu terjaga.

6. Manfaat Daun Kersen untuk Kanker

Berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam tanaman kersen memiliki berbagai fungsi. Salah satunya untuk mencegah kanker dan menghambat adanya radikal bebas. Dengan mengkonsumsi teh daun kersen dapat melindungi diri kamu dari serangan kanker. Selain rajin mengkonsumsi ramuan daun kersen, menjaga pola makan dan juga menghindari makanan instan juga bisa kamu lakukan agar penyakit kanker tidak menyarang tubuh kamu.

7. Manfaat Daun Kersen untuk Flu dan Batuk

Untuk mengatasi flu dan batu cukup konsumsi teh daun buah kersen secara rutin setiap hari. Jangan lupa untuk mencuci bersih daun setelah di petik dari pohon. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kuman dan bakteri masuk dalam tubuh. Teh daun kersen dibuat dengan merebus daun kersen yang sudah dikeringkan kemudian dibuang ampasnya dan diminum. Ini akan sangat berguna bagi kamu yang tidak ingin tergantung obat yang berasal dari bahan kimia.

8. Manfaat Daun Kersen untuk Peradangan

Mengkonsumsi teh daun kersen dapat membantu mengatasi peradangan dari luar maupun dari dalam tubuh. Daun kersen kaya akan vitamin, salah satunya adalah Vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk melindungi diri dari peradangan yang terjadi antara lain sariawan atau panas dalam. Air sari daun kersen juga bisa kamu manfaatkan untuk mencegah infeksi akibat peradangan diluar tubuh seperti luka basah ataupun luka kering.

Demikian informasi tentang manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh kita, semoga informasi ini bisa berguna untuk kita semua.


0 Response to "Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel