Manfaat Buah Salah Untuk Kesehatan


Salak jika bahasa latinnya disebut sallaka edulis, sedangkan di Amerika dan Eropa buah ini disebut snake fruit karena bentuk kulit yang menyerupai sisik ular. Menurut beberapa survei, salak hanya tumbuh di daerah tropis saja.



kandungan gizi dalam buah salak :

Mengndung 368 kk energi
Mengndung 0,8 gram protein
Mengndung 90,3 gram karbohidrat
Mengndung 0,4 gram lemak
Mengndung 38 miligram kalsium
Mengndung 31 miligram fosfor
Mengndung 3,9 miligram zat besi
Mengndung 8,4 gram vitamin C
Mengndung Serat
Mengndung Beberapa gram vitamin B dan mineral

Tanaman salak tumbuh liar di jawa bagian barat daya dan di daerah sumatera bagian selatan. Namun, asal-usul dari buah salak itu sendiri masih belum diketahui secara pasti. Salak rupanya banyak dibudidayakan seperti di Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Di Negara Indonesia, buah salak sangat banyak sekali jenisnya. Mungkin tiap-tiap daerah mempunyai nama tersendiri untuk buah yang satu ini. Akan tetapi, dari sekian banyak jenis tersebut ada beberapa jenis salak yang cukup populer di Negara Indonesia, seperti:
Salak bali tentunya dari bali
Salak Madura dari bangkalan Madura
Salak sidimpuan dari Sumatera Utara
Salak condet dari Jakarta
Salak pondoh dari Yogyakarta

Lalu apa saja manfaat buah salak ini, berikut beberapa penjelasannya :

Manfaat Buah Salak

1. Mengatasi Diare

Buah salak sangat baik untuk mengobati apabila kita terserang penyakit atau masalah di sekitar perut seperti diare. Dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda maka dapat membantu mengobati penyakit dan masalah di sekitar perut yang sakit.

2. Menjaga kesehatan mata

Buah salak memiliki kandungan betakaroten yang terbukti sangat baik untuk untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai penyakit mata. Dan ternyata kandungan betakaroten dalam buah salak 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan juga 5 x lebih besar dari buah semangka.

3. Menjaga kesehatan kuku

Buah salak juga bermanfaat sebagai cemilan sehat, ini karena selain enak memang buah salak memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Buah salak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit kita.

4. Kandungan Gizi Buah Salak

Selain mempunyai bentuk yang cukup unik dan rasanya yang manis, sebagian ada juga yang asam dan sepat, ternyata buah salak ini mempunyai banyak kandungan gizi yang terbilang cukup lengkap. Pada 100 gr buah salak memiliki energi sekitar 368 kilikalori, protein sebanyak 0,8 gram, karbohidrat sebanyak 90,3 gram, lemak sebanyak 0,4 gram, kalsium sebanyak 38 miligram, fosfor sebanyak 31 miligram, zat besi sebanyak 3,9 miligram. Selain itu  pada satu buah salak juga terkandung vitamin C sebesar 8,4 miligram. Berikut manfaat buah salak untuk mengobati penyakit:

5. Mencegah Obat Diare

Ketika Anda mengalami diare atau terlalu sering BAB, sebaiknya Anda makan buah salak, karena buah salak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu untuk mengobati diare.

6. Membantu Program Diet

Sebagaimana kita ketahui bahwa kelebihan berat badan dapat mengundang banyak penyakit berbahaya. Salah satu solusinya adalah menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga. Bagi anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan, buah salak cukup baik untuk Anda kosumsi. Karena buah yang satu ini mengandung fitonutrien, zat yang satu ini dapat membantu program diet Anda. Selain itu, salak juga memiliki 2 mg Vitamin C. Sebagaimana yang kita tahu bahwa serat dapat membuat kita lebih cepat merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dengan ini tentu akan menjaga Anda dari penyakit yang dapat timbul karena kelebihan berat badan.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Penelitian juga telah membuktikan bahwa buah salak diklam dapat meningkatkan kinerja otak karena memiliki kandungan pottasium dan juga pektin. Pottasium ini dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom yang berperan sebagai pengendali detak jantung dan meningkatkan fungsi otak serta meningkatkan fungsi fisiologi tubuh lainnya. Hal ini juga yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit pikun.

8. Mengobati Kanker
Berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Intregative Center Therapies, disebutkan bahwa kandungan salak berupa pektin juga mampu mencegah dan juga mengobati kanker prostat.

9. Manfaat untuk perut
Kandungan kaya manfaat buah salak seperti beta karoten, tanin dan mineral juga serat dalam buah salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan perut dengan membantu melancarkan pencernaan.

10. Manfaat buah salak untuk rabun jauh

Sebenaranya hampir sama dengan manfaat kesehatan mata di atas akan tetapi di perinci lagi karena mata Tidak banyak yang tahu bahwa buah salak dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan penyakit rabun jauh pada mata dengan kandungan vitamin A  yang tinggi.

Demikian informasi tentang manfaat buah salak. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Manfaat Buah Salah Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel