Daun Salam dan Manfaatnya


Manfaat Daun Salam Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Dan Diet.



Manfaat daun salam ternyata tak sebatas menjadi rempah atau bumbu masakan, melainkan kini juga banyak di manfaatkan untuk kesehatan. Hal tersebut tak luput dari berbagai kandungan yang terdapat didalamnya, melalui serangkaian uji klinis. Adapun untuk informasi selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

Daun salam adalah sejenis daun-daunan yang berasal dari tanaman bernama syzygium polyanthum, dan sering kali digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai penyedap aroma dan rasa dalam masakan. Daun ini sendiri terkenal akan aromanya yang khas. Sehingga tak heran jika daun salam sering dimasukan sebagai rempah dalam beraneka ragam hidangan masakan, termasuk dalam masakan mancanegara.

Daun salam yang segar akan memiliki tekstur berkilau dan warna hijau gelap dibagian atas, namun memiliki warna hijau yang lebih terang dibagian bawah. Sedangkan daun salam kering akan berubah warna menjadi coklat kehijauan dan kehilangan kilaunya. Namun daun salam yang kering dan layu diketahui akan lebih mengeluarkan aroma yang manis jika ditambahkan ke dalam masakan.

Selain untuk menambah cita rasa dalam masakan, daun salam juga memiliki khasiat istimewa lainnya. Yakni sering kali dijadikan sebagai obat tradisional untuk mencegah sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit didalam tubuh. Kandungan vitamin serta mineral yang terkandung didalamnya menjadi alasan  mengapa daun salam baik bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi didalam daun salam

Banyaknya manfaat dari daun salam tentu saja tidak terlepas dari kandungan zat-zat nutrisi yang terkandung didalamnya. Dan berikut adalah berbagai kandungan zat serta nutrisi yang terkandung dalam 100 gr daun salam

KandunganJumlah
Kalori313 kkal
Lemak total8 g
Lemak jenuh2,3 g
Lemak tak jenuh ganda2,3 g
Lemak tak jenuh tunggal1,6 g
Kolesterol0 mg
Karbohidrat75 g
Protein8 g
Serat pangan26 g
Vitamin A6.185 IU
Vitamin B61,7 mg
Vitamin B120 μg
Vitamin C46,5 mg
Vitamin D0 IU
Kalium529 mg
Kalsium834 mg
Zat besi43 mg
Magnesium120 mg
Selain dari pada itu, masih banyak lagi, kandungan senyawa alami lainnya yang terkandung didalam daun salam seperti halnya komponen aktif yang mudah menguap, seperti a-pinene, β-pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, neral, a-terpineol, geranyl asetat, eugenol dan chavicol. Berbagai senyawa tersebut diketahui berkhasiat sebagai antiseptik, antioksidan, pencernaan dan juga dianggap memiliki sifat anti kanker,

Di dalamnya juga terkandung asam laurat yang memiliki sifat obat nyamuk serta komponen minyak esensial yang dapat digunakan dalam banyak obat tradisional. Utamanya dalam pengobatan arthritis, nyeri otot, bronkitisserta gejala flu.

Khasiat dan manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh

Dari berbagai kandungan yang dimilikinya, berikut adalah ulasan lengkap dari berbagai khasiat daun salam bagi kesehatan

1. Membantu mengatasi asam urat

Salah satu khasiat daun salam yang paling terkenal adalah dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Asam urat sendiri muncul pada saat zat purin yang terkandung dalam tubuh bertumpuk secara berlebih. Adapun untuk menyajikan ramuan dari daun salam untuk asam urat, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

Masukan daun salam ke air sebanyak 10 gelas.
Rebuslah air berisi daun salam tersebut hingga mendidih dan hanya tersisa setengah dari numlah kadar air sebelumnya.
Setelah dingin, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Membantu mengatasi diabetes

Daun salam juga diketahui memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes. Hal tersebut lantaran kandungan didalamnya mampu membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah, trigliserida dan juga kolesterol. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya mampu membantu proses insulin secara efisien. Karenanya, mengonsumsi ramuan alami dari daun salam sangat dianjurkan bagi penderita diabetes yang mengalami resistensi insulin.

3. Pencegahan penyakit kardiovaskuler

Kandungan senyawa salisilat, fitonutrien, asam caffeic yang terdapat didalamnya juga diketahui mampu membantu dalam pencegah penyakit kardiovaskular seperti halnya stroke dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan selain dari pada itu, kandungan flavonoid didalamnya juga mampu secara efektif mampu menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Untuk penyajiannya juga terlebih cukup mudah.

Siapkan 10 lembar daun salam yang telah di cuci bersih
Rebus daun kedalam panci menggunakan 3 gelas air hingga mendidih.
Setelah diangkat, dinginkan serta konsumsi ramuan ini setiap hari sebanyak 1 gelas secara teratur untuk mendapatkan hasuil yang maksimal.

4. Membantu meredakan rasa sakit

Didalam minyak daun salam juga terkandung senyawa antiinflasmasi yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit karena strain, terkilir, arthritis, sakit kepala dan juga nyeri. Khusus bagi keluhan terhadap nyeri sendi, daun salam jenis dan salam tanahah yang cocok untuk mengatasi keluhan tersebut.

5. Membantu mencegah kanker

Daun salam juga mengandung senyawa berupa caffeic, euganol, catechin dan juga quercetin, yang mana kesemuanya diketahui dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Kandungan tersebut juga dapat memproteksi diri pertumbuhan sel kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang mana disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan ploferasi terhadap sel kanker serviks.

6. Membantu meredakan batuk

Daun salam juga diyakini cukup efektif dalam mengatasi masalah batuk, gejala flu serta infeksi. Dan untuk mendapatkan manfaat daun salam sebagai pereda batuk, maka cara penyajiannya adalah denga menerebus 2 sampai 3 lembar daun salam dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, rendamlah kain ke dalam air rebusan tersebut yang selanjutnya akan digunakan sebagai pengusap bagian dada untuk meredakan batuk, pilek dan juga flu.

7. Membantu mengobati penyakit ginjal

Secara ilmiah, daun salam juga telah terbukti mampu mengatasi masalah infeksi pada penyakit ginjal dan juga batu ginjal. Adapun untuk penyajiannya, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

Rebus beberapa lembar daun salam yang telah dibersihkan menggunakan 200 ml air.
Rebus hingga air mendidih atau sampai tersisa kurang lebih 50 ml.
Pisahkan air dengan daun salam, dan minum ramuan ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

8. Manfaat daun salam untuk mata

Air rebusan daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit mata dan juga menjaga kesehatan mata. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan air rebusan daun salam pada kelopak dan selama mata yang perih secara teratur setiap hari hingga membaik.

Sekian informasi menyangkut manfaat daun Salam, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.


0 Response to "Daun Salam dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel